Masyarakat informasi, Minat dan budaya baca

Membangun Perpustakaan di Rumah, Mengapa Tidak?

Oleh: Muhammad Bahrudin

sumber: hiasanrumah.wordpress.com

sumber: http://www.jabuhu.com

Menciptakan suasana rumah yang nyaman, menyenangkan, fungsional dan membangkitkan semangat adalah dambaan setiap orang. Begitu pula saya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat me-reblog artikel tentang desain perpustakaan di rumah secara sederhana dan pula ada yang cukup WAH. Nah sekarang dari sumber lain saya mendapat artikel yang menarik bagi kita yang ingin untuk merencanakan adanya ruang baca/perpustakaan di rumah idaman kita.

Perpustaakan di rumah atau paling tidak ruang baca adalah sesuatu yang menurut subyektivitas saya sangat penting. Apalagi sekarang ini, peningkatan minat baca sedari dini gencar dilakukan. Untuk para orang tua dan calon orang tua hendaknya mampu menciptakan iklim kondusif yang mendorong pengembangan minat baca anak sedari dini. LAngkah ini tentu dimulai dari rumah. Bagaimana kita menciptakan suasana rumah yang demikian. Salah satunya dengan persiapan matang mengenai pembuatan atau alokasi ruang perpustakaan di rumah. Berikut tips-tips penting untuk kita semua. Semoga bermanfaat. Check it out!

Apakah anda termasuk salah seorang yang gemar membaca dan mengkoleksi buku dirumah?. Mungkin saat ini anda perlu berfikir untuk merapikan buku anda agar tersusun dengan baik. Ternyata bukan hanya itu kita pun bisa menciptakan perpustakaan pribadi dirumah dengan berbagai alternatif simple.

Bagaimana caranya? dan tidaklah sulit untuk menciptakan ruang khusus tersebut. Asalkan anda memiliki sebuah ruangan yang cukup memadai, kita pun bisa menciptakan perpustakaan sendiri dirumah. Berikut ini beberapa langkah untuk membuat perpusakaan pribadi di rumah.

 

  • Jika Anda tidak memiliki ruangan khusus untuk membuat perpustakaan di rumah, jangan patah semangat. Anda bisa memanfaatkan kamar/ruangan lainnya kemudian berikan sekat-sekan untuk tempat meletakan buku di dinding rumah anda agar buku tersebut bisa tersusun dengan rapih. Dan anda pun tak harus merasa terkurung di ruangan sempit karena anda bisa dengan bebas membacanya pada sebuah ruangan yang akan anda pilih.

    sumber: http://www.jabuhu.com
  • Perhatikan juga faktor pencahayaan yang mendukung. Jangan sampai kita salah menempatkan sebuah ruangan yang gelap serta pengap karena bisa saja berdampak pada kesehatan mata dan pernafasan anda. Sediakan lampu yang cukup terang agar kita bisa membaca dengan penerangan yang cukup nyaman.
  • Jangan lupa untuk beri pendingin ruangan seperti AC atau paling tidak kipas angin jika memungkinkan. Hal ini agar buku terjaga kelembapannya dan kita pun semakin nyaman membaca di perpustakaan sendiri.
  • Jika anda menyiapkan ruangan khusus untuk perpustakaan, tidak ada salahnya utuk mendekorasi ruangan tersebut agar terlihat rapih dan jauh lebih menarik lagi dengan menempatkan pajangan hias atau pot bunga cantik atau mungkin memajang tanaman hidup agar ruangan tersebut terkesan lembab dan juga menyatu dengan unsur alam.
  • Berikan celah pada penataan rak buku, penataan rak buku juga dapat diatur  menempel pada dinding dengan kerapatan yang cukup agar sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.
  • Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan ruangan tersebut secara rutin, seperti membersihkan rak buku, menghilangkan debu di sudut ruangan dan mengatur buku-buku yang berantakan.
sumber: http://www.jabuhu.com

Bagaimana cukup mudah dan simple kan? Anda pun bisa menciptakan perpustakaan pribadi di rumah tentunya dengan biaya yang terjangkau. Semoga bermanfaat dan bisa menciptakan sarana yang positif di rumah tentunya untuk anda dan seluruh anggota keluarga.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s