Kelompok, Tim dan Proffesional Ettiquette

Oleh: Muhammad Bahrudin

Ilmu Perpustakaan dan Informasi, UI

Kelompok atau tim? | sumber: http://2.bp.blogspot.com

Jelaskan  perbedaan “kelompok” dengan “tim” , dan mengapa hasil kerja tim dilambangkan dengan  2 + 2 = 5 atau lebih?

Kelompok dan tim memang bukanlah hal yang sama. Ada perbedaan di antara keduanya menyangkut peran dan pola interaksi yang terjadi. Dalam kelompok, interaksi yang terjadi ialah untuk berbagi informasi dan saling membantu membuat keputusan kinerja masing-masing. Jadi, bukan dalam rangka kebutuhan kerja kolektif dalam usaha bersama dan juga tidak ada sinergi positif kecuali hanya merupakan presentasi akhir dari kontribusi individu dari anggota kelompok tersebut.

Sedangkan dalam sebuah tim, interaksi yang terjadi adalah suatu sinergi positif melalui usaha yang terkoordinasi. Usaha individu dalam suatu tim memberikan tingkat kinerja lebih besar daripada jumlah individu di dalamnya.

Dalam sebuah tim, kinerja individu yang bersinergi dengan individu lainnya sangat berpengaruh positif bagi tingkat kinerja yang dihasilkan. Hasil kerja suatu tim yang memiliki sinergi positif akan lebih besar daripada jumlah individu dalam tim tersebut. Hal ini terjadi karena dengan adanya sinergi, masing-masing lini (individu) memiliki peran masing-masing yang saling terkait dan pada prosesnya akan menghasilkan pola kerja yang efektif dan efisien. Orientasi tujuan dalam sebuah tim adalah hasil maksimal dengan kerja maksimal yang saling bersinergi satu sama lain.

Jelaskan tahapan yang perlu dilalui oleh sebuah tim yang berhasil!

Untuk membuat tim berhasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan, perlu adanya strategi dan tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu;

–          Get to know one another, ini adalah tahapan awal dalam sebuah tim. Masing-masing individu dalam tim tersebut harus saling mengenal terlebih dahulu. Ini berguna ketika nantinya terjadi interaksi, maka tidak akan terjadi salah paham dan informasi bisa tersampaikan dengan baik pada orang yang tepat.

–          Establish consensus as to team’s purpose, menjalin kesepakatan terlebih dahulu mengenai tujuan apa yang ingin dicapai dari tim tersebut. Hal ini penting karena menyangkut peran masing-masing individu dalam tim tersebut.

–          Identify available resources, yaitu mengidentifikasi dari anggota tim yang ada mengenai potensi dari masing-masing yang nantinya digunakan dalam rangka pencapaian tujuan tim.

–          Establish rules behavior, ini juga penting untuk menciptakan suasana yang nyaman tapi tetap profesional dalam suatu tim. Maka perlu diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung kinerja tim dalam rangka mencapai tujuan.

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang “etiquette” dan mengapa professional etiquette perlu dimiliki oleh seorang profesional

Etiquette atau etiket adalah menyangkut cara suatu perbuatan harus dilakukan oleh manusia, misal; ketika kita sedang makan, tidak boleh sambil berbicara. Kemudian bisa juga dikatakan bahwa etiket ini hanya berlaku dalam pergaulan, tidak berlaku ketika sedang tidak ada orang lain, misal; ketika sedang makan bersama, tidak boleh sambil mengangkat kaki atau bersendawa sembarangan. Namun demikian, etiket ini juga bersifat relatif. Maksudnya, bahwa tata cara yang berlaku di suatu tempat (budaya, adat istiadat, agama, dan lain-lain) bisa saja berbeda dengan di tempat lain.

Seorang profesional harus memiliki etiket (professional ettiquette). Hal ini tidak lain karena dunia profesional sangat mungkin bersinggungan dengan orang-orang yang beraneka macam. Masing-masing mungkin memiliki pemahaman berbeda mengenai etiket suatu kegiatan, misalnya makan. Etiket ini juga akan semakin menunjukkan tingkat profesionalitas seseorang saat berkomunikasi maupun berhubungan dengan orang lain.

Selain itu, yang terpenting dalam dunia profesional adalah bahwa tetap ada hal yang tidak bisa selalu hanya dijangkau denga jabatan atau uang yaitu kelakuan yang baik (good manner). Ketika kita memperlakukan rekan dengan sopan, kemungkinan orang tersebut bisa membantu keberlanjutan karir kita di masa depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s