Tips dan trik

15++ Website Penyedia Stok Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

pexel
Website penyedia stok foto berlisensi publik | Sumber gambar: templaza.com

Sebagai profesional informasi yang gemar membuat kemasan-kemasan informasi bagi penggunanya, adakalanya kita membutuhkan berbagai stok gambar untuk mendukung data-data. Nah, dalam proses pencarian gambar yang kredibel dan tidak melanggar hak cipta, terkadang kita mengalami kesulitan. Kecenderungan kita tentunya mencari stok gambar yang gratis (free) dan tidak terkendala hak cipta atau bahasa kerennya berlisensi CC0. Apa itu lisensi CC0? Sederhananya adalah jika gambar-gambar tersebut berlisensi CC0 (“no right reserved”) berarti oleh si empunya sudah didedikasikan sebagai domain publik sehingga tak ada kendala hak cipta apapun.

Berikut ini adalah beberapa website yang menyediakan stok gambar berlisensi CC0.

Ini website penyedia stok gambar yang mungkin sudah sering dimanfaatkan:

Nah, kalau yang ini mungkin kalian belum banyak yang tahu:

Di sini koleksi fotonya agak beda dibandingkan Pixabay maupun Pexels.

Foundernya adalah sepasang fotografer, Allie dan David. Sistemnya subscribe, ada 2 jenis: free dan paid. Kalau yang paid, kamu bisa ngakses galeri. Kalau yang free, nunggu dikirimin via email. Either ways, sama-sama bagus-bagus kok fotonya.

Sama kayak death to stock, sistemnya subscribe dan ada 10 foto akan dikirim ke email setiap 2 minggu sekali. Nggak enaknya sistem subscribe ini kita nggak bisa milih foto yang kita butuh aja sih.

Kalau yang ini kamu hanya butuh registrasi aja, enggak perlu subscribe.

Libreshot ini bebas banget, nggak perlu subscribe dan registrasi walaupun sepertinya masih kalah banyak ketimbang Pixabay sih. Tapi…lumayan lah buat another choice of reference.

Ini juga bebas, kamu bisa langsung download. Pernah menemukan beberapa foto yang sama ada di Pixabay atau Pexels, tapi nggak banyak sih.

Ini koleksinya beda banget. Website ini milik seorang fotografer pro sih, Daniel Nanescu. Jadi dia punya foto-foto sendiri. Fotonya hi-res pol, minimal belasan MB.

Koleksinya sih bagus-bagus dan hi-res. Tapi tampilan homepage-nya enggak pake thumbnail, tapi model foto-foto gede gitu dijembrengin ke bawah. Saya pribadi kurang nyaman sih milihnya.

Ini fotonya lucu-lucu kadang absurd banget. Cocok dijadiin featured image di blog. Jadi menarik perhatian banget.

ISOrepublic ini gratis dan bisa langsung download.

Jay Mantri adalah seorang fotografer pro. Foto-fotonya sih bagus-bagus banget, tapi tampilannya enggak thumbnail juga. Jadi kalau ngubek, mesti scroll gitu ke bawah. Bikin malas tapi ya, siapa tahu ada yang mau.

Mau foto dari website ini, kamu harus registrasi dulu baru deh bisa didownload. Menurut saya sih standar aja sih fotonya. Tapi ya, siapa tahu cocok.

Kalau yang ini juga lumayan, nggak butuh subscribe dan registrasi juga.

Ini juga bebas. Ada foto-foto yang sama dengan yang di Pixabay dan Pexels, tapi ada juga yang beda. Bisa lah jadi alternatif…

Berhubung belum pernah nyoba yang ini, jadi silakan dicoba yaa…

Jadi, demikian yaa semoga bermanfaat. Oiya, berhubung gambar-gambar di website di atas itu berlisensi CC0, artinya boleh dipakai, dimodif atau diapain aja tanpa mencantumkan kredit pada pembuatnya. So, ada alternatif yang cukup expert yaa dari sekedar pake Google Image.


Artikel ini diadaptasi dari thread Twitter pemilik akun @CarolinaRatri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s