Kepustakawanan, Standardisasi

Manajemen Keamanan Informasi di Perpustakaan Menggunakan Framework SNI ISO/IEC 27001

Oleh: Muhammad Bahrudin

Pustakawan Badan Standardisasi Nasional

Thief or hacker is stealing log in password of social networks account
Pentingnya manajemen keamanan informasi di perpustakaan | Sumber gambar: cw.com.hk

Abstrak

Peran perpustakaan dengan berbagai jenis dan ukurannya salah satunya ialah menjadi sumber informasi yang mengelola dan menyebarkannya kepada pengguna. Informasi adalah aset penting bagi kelangsungan hidup perpustakaan dan menjamin kepercayaan penggunanya sehingga harus dikelola dengan baik. Perkembangan tata kelola teknologi informasi sangat berperan dalam pengelolaan, investasi dan penyebaran informasi di perpustakaan. Sehubungan dengan hal tersebut, keamanan informasi kemudian menjadi hal penting yang akan berdampak pada pemberdayaan informasi yang efektif. Kebutuhan untuk menyediakan manajemen keamanan informasi yang memadai di perpustakaan menjadi semakin mendesak seiring penerapan tata kelola teknologi informasi yang semakin masif.

Makalah ini membahas topik keamanan informasi, pentingnya melindungi informasi dan akses informasi di perpustakaan menggunakan framework SNI ISO/IEC 27001:2013. Standar ini memberikan persyaratan yang harus dipenuhi dalam rangka mengimplementasikan sistem manajemen keamanan informasi pada suatu organisasi secara berkelanjutan. Makalah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manajemen perpustakaan untuk mengamankan aset informasi yang dimiliki sehingga dapat diberdayakan sesuai dengan prinsip kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaannya (availability). Pentingnya manajemen keamanan informasi di perpustakaan ini tentunya akan bermuara pada kepuasan dan kepercayaan pengguna dalam memanfaatkan sumber daya di perpustakaan.

Kata kunci: perpustakaan, sistem manajemen keamanan informasi, SMKI, keamanan informasi, ISO 27001


Artikel ini dimuat di Media Pustakawan Vol 25 No. 1 Tahun 2018

Baca artikel selengkapnya di tautan berikut –> Researchgate: Manajemen Keamanan Informasi di Perpustakaan Menggunakan Framework SNI ISO/IEC 27001

Advertisements

2 thoughts on “Manajemen Keamanan Informasi di Perpustakaan Menggunakan Framework SNI ISO/IEC 27001”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s