Kuliah, Seputar kampus

Daftar Referensi Internasional Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Sebagai pustakawan, profesional informasi, praktisi bidang perpustakaan, akademisi dan pegiat perpustakaan, suatu ketika kita akan butuh referensi terkait dengan artikel kepustakawan dan informasi. Entah itu untuk referensi kuliah, kebijakan atau sebatas mengikuti tren perkembangan bidang perpustakaan. Ya, kita harus selalu up-to-date dong tentunya sama bidang kelimuan kita agar arah perkembangan wawasan dan kebijakan bisa selaras dengan tren… Continue reading Daftar Referensi Internasional Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Advertisements
Kuliah, Pendidikan perpustakaan, Seputar kampus

Ilmu Perpustakaan Tak Melulu Jadi Pustakawan

Oleh: Muhammad Bahrudin Ilmu Perpustakaan dan Informasi, UI Perkembangan teknologi kian pesat. Akses terhadap berbagai portal dunia informasi di seluruh dunia semakin mudah dan murah. Sedikit banyak hal ini berdampak dengan mulai ditinggalkannya perpustakaan, apalagi jika perpustakaan yang masih begitu konvensional. Tidak hanya itu, jurusan ilmu perpustakaan pun masih dipandang sebelah mata dan didengar sebelah… Continue reading Ilmu Perpustakaan Tak Melulu Jadi Pustakawan

Seputar kampus

Menyusun Kuesioner untuk Nyari Data?

Semester-semester akhir menjelang, waktunya ngerjain banyak tugas-tugas observasi dan penelitian. Mari kita lihat tips tentang membuat kuesioner. Nah apa lagi tuh kuesioner? Makhluk sejenis apakah dia? Check this out! Salah satu instrumen pengumpul data dalam penelitian adalah kuesioner, atau disebut juga daftar pertanyaan (terstruktur). Kuesioner ini biasanya berkaitan erat dengan masalah penelitian, atau juga hipotesis penelitian… Continue reading Menyusun Kuesioner untuk Nyari Data?

Seputar kampus

Tips Seputar Seminar atau Sidang Proposal Penelitian

Hai mahasiswa tingkat akhir... Sudah mulai sibuk dengan yang namanya proposal skripsi, kerangka-kerangka teori dan sebagainya nih pasti. Bahkan aku aja baru semester 5 udah disuruh dosen buat ngerjain tugas seputar proposal skripsi sampe Bab 3..huh! Proposal dapat dikatakan sebagai rencana penelitian yang akan dilaksanakan. Karena baru berupa rencana maka proposal bisa diterima, diperbaiki, atau… Continue reading Tips Seputar Seminar atau Sidang Proposal Penelitian